Rabu

Rahasia Teh Hitam

Anti Kanker Rahasia Teh Hitam

Oleh E. J. Mundell

CHICAGO (Reuters Health) - Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin teh hitam adalah pelindung terhadap sejumlah kanker pada manusia.

'Senjata rahasia teh hitam' adalah senyawa yang disebut theaflavin-3'-monogallate (TF-2), salah satu keluarga ampuh anti kanker senyawa yang disebut polifenol.

TF-2 `` menunjukkan sifat yang sangat menarik''melawan sel-sel kanker usus besar, menurut peneliti Dr Kuang Yu Chen dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey.

Berbicara kepada wartawan pada pertemuan tahunan American Chemical Society, Chen menjelaskan bahwa jika sel terpapar TF-2,maka sel normal tidak terluka, tetapi sel-sel kanker yang akan mati.

Dalam percobaan laboratorium, tim Chen menambahkan TF-2 dari daun teh untuk sel sehat dan sel-sel kanker kolorektal. Sel-sel normal tetap berkembang dengan seharusnya , , sementara sel-sel ganas menjalani proses yang disebut apoptosis - sel mati terprogram.

Investigasi lebih lanjut, tim Rutgers menemukan bahwa TF-2 muncul untuk menekan aktivitas dari gen 2 Cox. Gen ini telah menjadi fokus penelitian ilmiah yang lebih intens karena, ketika 'aktif,' Cox 2 memicu proses peradangan sebagai bagian integral dari urutan peristiwa yang dapat menyebabkan sel normal berubah menjadi sel kanker. `` Hubungan antara Cox 2 dan kanker usus besar begitu erat kaitannya,''kata Chen.

Obat baru populer seperti Vioxx dan Celebrex, digunakan untuk mengobati radang sendi, juga menekan Cox 2. Jadi sementara perusahaan farmasi berlomba untuk menemukan agen yang kompleks yang menghambat Cox 2, Chen percaya salah satu sumber seperti - teh hitam - dapat menghambat pertumbuhan Cox 2.

Rahasia Teh Hitam


Sumber : Reuters


Tidak ada komentar:

Posting Komentar