Rabu

Teh hitam 'Anti stres'

Teh hitam 'Anti stres' Cara mudah untuk bersantai


Para ilmuwan memiliki bukti bahwa secangkir teh secara teratur dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari stres karena beban kehidupan sehari-hari.

Penelitian tentang teh hitam - bukan varietas hijau atau herbal - menemukan bahwa teh hitam membantu memotong tingkat hormon stres kortisol yang beredar dalam darah.

Mereka menemukan orang yang minum teh mampu memulihkan stres lebih cepat daripada mereka yang bukan peminum teh.

Studi Di University College London

Dalam studi tersebut, 75 pria muda peminum teh rutin dibagi menjadi dua kelompok dan dimonitor selama enam minggu.

Mereka diberikan minuman teh, kopi dan minuman berkafein.

Satu kelompok diberi campuran teh hitam rasa buah dan berkafein .

Kelompok lain diberi pengganti minuman dengan warna seperti warna teh, tetapi tidak memiliki bahan aktif teh.

Stres tugas

Semua minuman berwarna teh , tetapi dirancang dengan penambahan bahan bahan lainnya untuk menutupi beberapa isyarat sensorik normal yang terkait dengan meminum teh (seperti bau, rasa dan keakraban minuman itu).

Hal tersebut dirancang untuk menghilangkan efek 'nyaman' dari minum secangkir teh.

Kedua kelompok diberikan tugas yang menantang, sementara kortisol , tekanan darah, trombosit darah dan tingkat stres diukur.

Dalam satu tugas, relawan terkena salah satu dari tiga situasi stres (ancaman pengangguran, sebuah tuduhan toko atau insiden di sebuah panti jompo), di mana mereka harus mempersiapkan respon verbal dan mengeluarkan pendapat tentang kasus mereka di depan kamera.

Tugas tersebut kemudian memicu peningkatan substansial dalam tekanan darah, denyut jantung dan penilaian subjektif stres pada kedua kelompok.

Namun, 50 menit setelah tugas, tingkat kortisol telah jatuh rata-rata 47% pada kelompok minum teh dibandingkan dengan 27% pada kelompok teh palsu.

Tingkat penggumpalan darah dan risiko serangan jantung juga lebih rendah pada peminum teh.

Selain itu, kelompok peminum teh asli ini melaporkan tingkat yang lebih besar dari relaksasi dalam periode pemulihan setelah tugas.

Minuman kompleks

Peneliti Profesor Andrew Steptoe mengatakan: "Minum teh secara tradisional dikaitkan dengan upaya untuk menghilangkan stres, dan banyak orang percaya bahwa minum teh membantu mereka rileks setelah menghadapi tekanan dari kehidupan sehari-hari."

"Namun, bukti ilmiah untuk sifat santai teh sangat terbatas."

Profesor Steptoe mengatakan tidak jelas apa bahan dalam teh yang bertanggung jawab untuk menekan tingkat stres tersebut.

Dia mengatakan itu sangat kompleks, dan bahan-bahan seperti katekin, polifenol, flavonoid dan asam amino semua telah ditemukan untuk mempengaruhi neurotransmitter di otak.

Namun demikian, penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat mempercepat pemulihan kita dari stres sehari-hari dalam kehidupan.

" Teh tampaknya memiliki efek lebih besar dalam membawa tingkat hormon stres kembali normal."

"Hal ini memiliki implikasi kesehatan yang penting karena pemulihan yang lambat berikut stres akut akan memiliki resiko
penyakit kronis lebih besar seperti penyakit jantung koroner."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar